Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

*

Blogroll

Selasa, 27 September 2011

Asal Mula Android

Android merupakan salah satu OS yang saat ini mungkin sedang ramai di bicarakan oleh banyak orang. Tapi sebenarnya siapakah yang pertama kali menemukan dan menggunakan istilah Android (si Robot Hijau) ini? Pada kesempatan kali ini saya akan mengulas mengenai penemu si Robot Hijau yang pintar ini dan perkembangannya sampai saat ini.
Yang pertama kali menggunakan istilah Android adalah penulis asal Perancis bernama Mathias Viliers de L’Isle-Adam (1838-1898) dalam bukunya yang berjudul Tommorow’s Eve. Buku ini menceritakan tentang sesosok artificial robot dengan bentuk layaknya manusia biasa yang diberi nama Hadaly. Mungkin sosok Android yang paling terkenal di dunia adalah C-3PO yang muncul dalam serial Star Wars. C-3PO ini memiliki kepribadian seperti seorang buttler (pelayan). Ia dibuat oleh Anakin Skywalker dalam Episode 1 : The Phantom Menace dan keberadaannya terus dipertahankan. Selain itu nama Data tentu sudah dikenal baik oleh pengemar Star trek. Ia merupakan sesosok Android yang bekerja di USS Enterprise sebagai navigator, dan memiliki banyak keahlian lain yang membuat asset paling berharga. Namun berkat kecanggihan teknologi yang berhasil dicapai, kini umat manusia sudah berhasil menciptakan beberapa android yang dapat berfungsi dengan baik. Misalnya EveR-1 yang dibuat oleh The Korea Institue for Industrial Technology, sebuah gynoid interpersonal communication model yang dapat meniru ekspresi wajah manusia dan melakukan percakapan sederhana karena memiliki lebih dari 400 vocabulary.

Di dunia ini terdapat dua Android yang paling terkenal, yaitu QRIO dan ASIMO.

  1. QRIO (Quest for curiosity). Pada awalnya robot ini dinamakan dengan Sony Dream Robot atau SDR. Android ini merupakan humanoid yang diciptakan untuk tujuan enterteiment sebagai penerus kesuksesan yang sudah dicapai oleh AIBO. Dengan tinggi badan sekitar 0,6m dan berat 7,3Kg ,Android ini memiliki kemampuan bergerak yang lebih sempurna karena ukuran tubuhnya yang relative kecil dan lebih ringan.
  2. ASIMO (Advance Step in Innovative Mobility), humanoid ini dibuat oleh Honda yang berupa sesosok astronot. Selain dapat berinteraksi dengan manusia, robot ini saat ini  mampu berlari dengan kecepatan 6km/h. Sangat fantastis bukan ?? ASIMO disewakan oleh Honda untuk kepentingan enterteiment dengan tariff $150.000 per-bulannya.

Asal Mula si Robot Hijau (Android)

Di atas merupakan sejarah dari si Robot Hijau yang biasa kita sebut Android. Tetapi dua robot terkenal di atas sangat disayangkan hanya untuk kebutuhan entertainment saja. Padahal apabila digunakan untuk kepentingan lainnya dalam kehidupan sehari – hari pasti robot ini lebih berguna. Sampai saat ini Android sudah dikembangkan menjadi sistem operasi pada Handphone dan Tablet PC dengan beberapa versi yang terus bermunculan. Semoga Android akan terus berkembang untuk ke depannya. ^_^

0 komentar:

Posting Komentar